SELAMAT DATANG DI WEBSITE BKD KOTA SOLOK - SUMATERA BARAT

Pelestarian Lingkungan Sebagai Wujud Pelestarian Bumi

Melestarikan alam mungkin tampak seperti tugas yang sangat berat, tapi jika setiap kita berkomitmen untuk berbuat mulai dari hal yang sederhana maka kita telah memberikan pengaruh yang sangat berarti bagi pelestarian lingkungan.
Sebagai contoh, jika setiap keluarga di Indonesia mengganti satu bola lampu biasa dengan neon kompak atau lebih baik lagi dengan bola lampu LED, milyaran pon gas rumah kaca akan dihilangkan, sehingga pemanasan global bisa diperlambat.
Contoh lainnya adalah dengan memperbanyak lahan hijau di sekitar anda yang akan berpengaruh langsung terhadap persediaan air tanah di sekitar kita.

Menghemat Energi

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi lingkungan adalah buatlah komitmen setiap hari yang memungkinkan Anda menggunakan energi lebih sedikit.

Menjaga dan merawat lingkungan adalah cara yang paling berpengaruh dalam perubahan iklim. Bagaimana cara merawat dan menjaga lingkungan dimulai dari kita sendiri dan dilakukan pada lingkungan sekitar kita.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk menyelamatkan lingkungan :

1. Hemat Listrik dan Air
Penggunaan listrik sangat banyak membuang energi jika tidak dipakai. Coba kita matikan listrik terutama lampu pada pagi dan siang hari dan hemat penggunaan listrik saat malam hari karena pada pukul 5 sore sampai 10 malam merupakan pemakaian listrik paling tinggi.
Memang, pemakaian listrik anda yang akan membayarnya, namun sebagai manusia bijak, alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan listrik sesuai kebutuhan karena berarti anda juga telah memberi andil untuk pelestarian lingkungan.
Penggunaan air yang secukupnya dapat membantu menyelamatkan lingkungan.

2. Buanglah Sampah pada Tempatnya
Hal ini terlihat sepele namun banyak dari kita yang susah melakukannya. padahal dari kecil hal ini sudah sering diajarkan oleh guru dan orang tua kita dan dampaknya sangat berpengaruh pada lingkungan. Dampak yang sering dari pembuangan sampah yang sembarangan adalah banjir. Banjir sering terjadi di Indonesia yang penyebab dasarnya adalah sampah yang dibuang sembarangan seperti di sungai.

3. Kurangi Pemakaian Plastik
Sampah plastik merupakan sampah yang susah di daur ulang dan membutuhkan waktu lama untuk terurai. Biasakan mengurangi pemakaian plastik dengan membawa sendiri kantong belanja dengan bahan selain plastik. Dan jika harus terpaksa menggunakan plastik, gunakan plastik yang berbahan mudah terurai nantinya.

4. Hemat penggunaan kertas
Gunakanlah kedua sisi kertas untuk menghemat kertas. Angka penggunaan kertas di Indonesia sangat besar terutama pada perkantoran dan pendidikan dimana kertas sangat banyak digunakan. Walaupun kertas dapat di daur ulang tapi berapa juta pohon yang tumbang akibat pembuatan kertas. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh pada lingkungan. Untuk itu mulailah menggunakan digital book atau ebook untuk mengganti penggunaan kertas.

5. Pisahkan sampah organik dengan anorganik
Pisahkan sampah organik dan anorganik sehingga memudahkan pendauran ulang sampah tersebut.

6. Pilihlah penggunaan barang yang hemat energi dan ramah lingkungan
Pemilihan barang yang kita pakai sehari-hari haruslah yang hemat energi dan ramah lingkungan. Seperti kendaraan ramah lingkungan, lampu hemat energi dan lain-lain. Hal ini juga dapat menghemat keuangan kita.

7. Menanam tanaman
Untuk menjaga lingkungan tanamlah minimal satu pohon. Jika satu orang menanam satu pohon berapa pohon yang di tanam jika penduduk di Indonesia lebih dari 500juta jiwa.

Sekecil apapun kontribusi yang kita lakukan, dapat membantu menyelamatkan lingkungan untuk kelangsungan ekosistem lingkungan hidup. Semoga kita semua dapat membiasakan diri untuk menyelamatkan lingkungan sendiri dan disekitar kita.

Dari berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment