SELAMAT DATANG DI WEBSITE BKD KOTA SOLOK - SUMATERA BARAT

Pertanyaan Seputar Penerimaan CPNS 2014

Pertanyaan-Pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan rekrutmen CPNS 2014

1. Bagaimana cara melakukan pendaftaran online ?
Pendaftaran online dapat dilakukan melalui portal nasional di https://panselnas.menpan.go.id

2. Apakah saya bisa mendaftar dua kali? 
Tidak bisa. Setiap calon peserta hanya bisa mendaftar di 1 instansi, baik itu instansi pusat atau daerah.

3. Persyaratan apa saja yang diperlukan dalam tahapan registrasi?
Saat registrasi awal yang diperlukan hanya Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan, dan alamat e-mail. Untuk persyaratan administrasi SKCK, Surat Keterangan Sehat, dan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) tidak diperlukan pada tahap registrasi.

4. Apakah masyarakat perlu mengeluarkan biaya dalam proses penerimaan CPNS 2014?
Tidak. Penerimaan CPNS Tahun 2014 gratis. Sama sekali tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran s/d pengumuman hasil kelulusan.

5. Apakah ada formasi untuk SMA atau SMK?
Formasi untuk SMA atau SMK memang tersedia namun hanya instansi tertentu saja.

6. Apakah yang dimaksud dengan ‘kualifikasi pendidikan S-1 semua jurusan’?
Jabatan dengan kualifikasi pendidikan S1 semua jurusan berarti untuk jabatan tersebut dapat dilamar oleh semua jurusan dari jenjang pendidikan S1.

7. Berapa passing grade yang berlaku?

8. Bagaimana alur pendaftaran CPNS 2014?
   Alur pendaftarannya sebagai berikut:
   

9. Bagaimana jika pelamar tidak menerima email konfirmasi setelah melakukan pengisian formulir registrasi?
- Pelamar yang belum menerima email konfirmasi dapat langsung login ke instansi yang dituju minimal 1X24 jam setelah pengisian formulir registrasi.
- Login ke instansi yang dituju menggunakan username yakni “NIK” dan password yang sama seperti saat pelamar melakukan input saat pengisian formulir registrasi. (2)*
- Email akan tetap dikirimkan, pelamar dimohon untuk bersabar. Jika email notifikasi dari Panselnas tidak terkirim pelamar dapat menggunakan cara seperti pada langkah poin kedua di atas.*

10. Apakah pendaftaran harus menggunakan e-KTP?
Pelamar dapat menggunakan KTP atau e-KTP yang berlaku, yang terpenting mereka memiliki NIK.

11. Bagaimana jika saat pelamar mengisi data diri di registrasi panselnas tertulis NIK telah terpakai?
Pelamar dapat mengirimkan email kepada tim panselnas dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK. Di dalam email tersebut mohon dicantumkan identitas pelamar yang terdapat dalam KTP, kemudian dilampirkan pula scan KTP dan scan ijazah/akta kelahiran. Tim panselnas akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut.

12. Bagaimana jika saat pelamar melakukan registrasi di portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi tertulis username tidak ditemukan? 
Untuk dapat login ke portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi, pelamar harus menunggu setidaknya 1x24 jam setelah registrasi di portal panselnas. Jika setelah 1x24 jam masih tidak dapat login, maka silahkan mengirimkan email dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK, serta mengisikan kembali data sesuai dengan arahan pada running text portal Panselnas. 

13. Kapan dan berapa lama instansi membuka pendaftaran?
Untuk mengetahui jadwal pendaftaran, pelamar dapat melihat menu status dan jadwal. Pendaftaran pada sebuah instansi akan dibuka selama 14 hari terhitung mulai tanggal dibuka di portal panselnas.

14. Bagaimana jika pelamar salah melakukan input data saat melakukan registrasi di portal panselnas?
Data yang telah diinput tidak dapat diubah kembali, untuk itu peserta harus super hati-hati dalam pengisian data. 

15. Apakah pelamar dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas?
Pelamar tidak dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas.

16. Apakah dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) jika pelamar belum memiliki ijazah?
Pelamar tidak diperkenankan menggunakan SKL ketika melakukan pendaftaran.

17. Berapa skor TOEFL yang disyaratkan untuk melakukan pendaftaran?
Jika ditetapkan, standar skor TOEFL ditetapkan oleh masing-masing instansi.

18. Apa saja materi yang diteskan dalam tes TKD menggunakan CAT?
- Materi dalam CAT terbagi menjadi tiga yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP). Soal dalam tes CAT sebanyak 100 soal yang harus dikerjakan dalam 90 menit.
-  Disamping tes TKD, instansi dapat melaksanakan tes TKB berdasarkan kebutuhan jabatan dan organisasi.

note :

Bagi yang akan menanyakan hal lainnya, HARAP tuliskan nama/ email atau kirim pesan ke email kami
berita dan informasi baru dapat juga diikuti di FB kami
https://www.facebook.com/pages/Badan-Kepegawaian-Daerah-Kota-Solok/267106346770544

15 comments:

  1. kapan diumumkan kelulusan seleksi berkas? dimanakah kami bisa melihatnya??

    ReplyDelete
  2. @All :
    Pengumuman hasil seleksi administrasinya kapan ?
    Jam berapa? Trus terima kartu ujiannya kapan ?
    Ujiannya tanggal berapa ? dimana..? Sabar.. sabar..harap tenang
    Semua akan kami umumkan pada waktunya.
    Semua akan indah pada waktunya...
    Pokok. e.. pantau terus informasi dari kami.. o.k

    ReplyDelete
  3. @all pelamar : berapapun formasi yg dipilih, satu pelamar cukup mengirimkan satu berkas lamaran saja, o.k

    ReplyDelete
  4. Pak/Buk, waktu mendaftar di panselnas, kok data yang anda masukan tidak sesuai dengan ktp, padahal data yang saya isi benar pak? mohon petunjuknya Pak/Buk...

    ReplyDelete
  5. masih ada yg tidak memperkenalkan diri ? harus ngomong sama siapa ...

    ReplyDelete
  6. ass pak... nama saya mona pak, mohon petunjuknya pak.... saya sudah mendaftar di panselnas pak, cuma keluar disana kalau data yang saya masukkan tidak sesuai dengan KTP, apa yang harus saya lakukan pak? mohon infonya pak, trims

    ReplyDelete
  7. @mona : coba samakan nama nya dengan yang tercatat di data DPT KPU atau email pd kami NIK nya

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum pak..
    nama saya fajri, saya ingin bertanya tentang salah satu persyaratan yang harus disertakan dalam surat lamaran. di akhir surat pernyataan tidak akan pindah tugas keluar kota solok, ada yang harus di tandatangani oleh orangtua dan atau suami/istri, jika saya belum menikah dan kedua orangtua saya telah meninggal, siapa yang dibenarkan untuk menandatangani surat pernyataan tersebut?? terimakasih pak...

    ReplyDelete
  9. Aslmkm,nama sy siska pak,mohon info lbh lanjut terkait jadwal ujian bs diliat dmn ya pak? Sy telah terima blsn krt ujian namun yg tertera hanya lokasi ujian sj, tp jdwlnya belum ada..terima kasih pak

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum pak...
    bagi peserta cpns yang telah menerima kartu ujian apa sudah otomatis lolos seleksi administrasi pak??
    ditunggu jawabannya pak,,

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum pak / bu, saya dan beberapa tman saya sudah daftar dan mngirim brkas lamaran, tp kami blum dapat balasannya pak / buk, apakah tidak semua yg daftar dapat surat balasan??
    Terimakasih bpk / ibu.

    ReplyDelete
  12. @Rizky : Berkas lamaran cap pos tgl 9 belum seluruhnya kami terima, dan saat ini belum semua berkas selesai diverifikasi

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. ass.
    saya dengar kabar kalo ujiannya di laksanakan di riau ,, apa betul pak ??? Trimks

    ReplyDelete
  15. Waalaikum salam..
    @mira : ujian akan dilakukan di Kota Solok

    ReplyDelete