SELAMAT DATANG DI WEBSITE BKD KOTA SOLOK - SUMATERA BARAT

Simulasi CAT untuk Penerimaan CPNS

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali akan menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS di sejumlah kota besar. Kamis dan Jumat, tanggal 3 - 4 Juli 2014, simulasi CAT akan digelar di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat.

Simulasi CAT yang sudah dilakukan sebelumnya, yakni dua kali di Jakarta dan sekali di Bogor, dalam acara job fair. Dari tiga kegiatan tersebut, tampak antusiasme masyarakat begitu tinggi. Hal itu dapat dipahami, mengingat tahun ini tes kompetensi dasar (TKD) CPNS akan menggunakan sistem CAT.

Menyadari kenyataan itu, Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melakukan simulasi CAT di sejumlah kota besar di tanah air.  Setelah Bandung, simulasi CAT akan digelar di beberapa kota di Indonesia, yaitu :
- Semarang pada tanggal 12 Juli.
- Denpasar tanggal 14 Juli
- Surabaya tanggal 16 Juli
- Makassar tanggal  18 Juli
- Medan tanggal 22 Juli 2014

Dengan mencoba simulasi CAT, diharapkan para peserta menjadi familiar ketika nantinya mengikuti tes CPNS. Lebih dari itu, diharapkan calon peserta juga bisa lebih berkonsentrasi dan mempelajari kisi-kisi yang akan diujikan dalam tes.

Materi tes kompetensi dasar (TKD) terdiri dari 3 kelompok soal. Kelompok pertama adalah wawasan kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Sedangkan kelompok kedua adalah karakteristk pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dll. Adapun kelompok soal ketiga adalah intelegensia umum, yang, meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.

Pemerintah yakin, penerapan sistem CAT akan menjamin pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) yang kompetitif, obyektif, transparan dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).
Selain simulasi CAT, dalam kegiatan tersebut  Kementerian PANRB juga menyampaikan berbagai informasi terkait dengan penyelenggaraan seleksi CPNS tahun 2014.

Rencana kebijakan pengadaan CPNS 2014 sekarang akan dibuka 100 ribu formasi pegawai yang terdiri dari 65 ribu PNS dan 35 ribu Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tahun ini ada 464 instansi yang mendapatkan persetujuan prinsip formasi, yakni 59 kementeian/lembaga, dan 405 pemerintah daerah yakni 28 provinsi dan 377 kabupaten/kota.

Bagi yang berminat dan berniat mengikuti seleksi CPNS 2014 namun tidak bisa mengikuti Simulasi di Kota-kota tersebut dapat mendownload  dan mencoba sendiri aplikasi SIMULASI CAT CPNS.

sumber : Menpan dan BKN

0 komentar:

Post a Comment