SELAMAT DATANG DI WEBSITE BKD KOTA SOLOK - SUMATERA BARAT

Hidup Sehat dengan Bersepeda

Bersepeda bisa dilakukan sebagai salah satu hobi atau olahraga. Selain menyenangkan dan tidak berat, bersepeda juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.


Biking atau bersepeda memang menjadi gaya hidup yang lebih menyehatkan. Ditengah kesibukan dan stres yang meningkat akibat tekanan pekerjaan dan juga kemacetan, bersepeda bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Bersepeda di akhir pekan di sekitar komplek perumahan yang asri tentunya akan lebih menyegarkan dan memberikan relaksasi setelah rutinitas harian yang menjenuhkan.

Berikut adalah manfaat bersepeda untuk kesehatan :

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan virus. penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti berolahraga dan bersepeda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sel kanker dan tumor.

2. Kekuatan otot
Manusia memiliki beberapa ratus otot yang digunakan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tak aktif selama satu minggu saja bisa menurunkan kekuatan otot sebanyak 50 persen dan merusaknya dalam jangka waktu yang panjang. Ketika berolahraga, otot akan semakin aktif. Ini membuat otot semakin kuat dan berfungsi secara efisien.

3. Sistem kerangka
Kerangka adalah bagian yang menunjang organ lain dalam tubuh, seperti otot, tendon, dan organ lainnya. Olahraga dan bersepeda bisa menguatkan tulang dan menambah fleksibilitasnya untuk bergerak. Bersepeda juga memiliki manfaat baik untuk kekuatan serta kepadatan tulang.

4. Kesehatan mental
Bersepeda memiliki efek yang baik untuk membuat seseorang menjadi tenang. Selain itu, bersepeda juga bisa menstabilkan tubuh secara fisik maupun emosional. Bersepeda bisa menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologi lainnya.

5. Oksigen dan sirkulasi
Sistem pernapasan biasanya terganggu dengan kurangnya aktivitas. Bersepeda, salah satu aktivitas fisik yang bisa menguatkan otot pernapasan dan paru-paru sehingga bisa membuat sistem pernapasan lebih baik. Sistem pernapasan yang baik juga bisa meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan oleh tubuh.

6. Penyakit jantung dan kardiovaskular
Jantung adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Namun jantung juga bisa rusak akibat kurangnya aktivitas. Bersepeda adalah salah satu aktivitas yang paling baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan jantung.
Sebagaimana penelitian dari british Medical Association mengemukakan bahwa bersepeda dengan jarak tempuh 35 kilometer dalam kurun waktu satu minggu dapat menurunkan resiko jantung hingga 50 %.

7. Kelebihan berat badan dan obesitas
Bersepeda adalah aktivitas ideal yang bisa menurunkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas hingga 70 persen. Dengan menurunnya berat badan, maka akan semakin mudah juga bagi tubuh untuk mengatur kolesterol. Rajin olahraga dan bersepeda di masa muda bisa menurunkan risiko obesitas di masa tua.

8. Tekanan darah
Bersepeda secara teratur bisa mencegah atau setidaknya mengurangi tekanan darah. Menjaga tekanan darah tentu penting untuk menghindari stroke atau kerusakan pada organ lainnya.

9. Kanker
Aktivitas fisik, seperti olahraga telah diketahui bisa menurunkan risiko kanker payudara, usus, prostat, dan pankreas. Kemungkinan besar, bersepeda juga bisa menurunkan risiko kanker paru-paru.


Selain itu hal penting lainnya yang perlu diketahui dari bersepeda adalah :
  • Bersepeda akan melemaskan otot tubuh terutama di bagian bawah. Selain itu dengan mengayuh sepeda akan semakin menguatkan otot kaki di bagian paha dan betis. Bersepeda secara rutin juga mampu meninggikan badan anda skitar 1-2cm.
  • Sebaiknya ambil waktu di pagi hari untuk bersepeda. Udara yang sejuk dan belum tercemar polusi akan lebih fresh untuk berolahraga seperti biking. Carilah beberapa lokasi bersepeda yang sejuk dan rindang dengan ditanami oleh pepohonan hijau.
  • Bike to work atau bersepeda ke kantor memang menjadi pilihan gaya hidup sehat saat ini. Selain lebih menyehatkan, bersepeda untuk berangkat atau pulang kantor juga akan mengurangi polusi udara jika anda menggunakan kendaraan pribadi untuk bekerja. Agar lebih aman, jangan lupa untuk mengenakan safety tools seperti helm sepeda, sarung tangan dan jaket.
  • Jika merasa sepi bersepeda sendiri, anda bisa masuk ke dalam komunitas pecinta sepeda dan mengikuti beragam kegiatannya seperti bersepeda di car free day, touring keliling kota di hari libur, atau bike to work jika jarak tempuhnya sama. Dengan begitu anda juga dapat bertukar pikiran dan memperluas pergaulan.
  • Bagi anda yang sedang dalam program diet, cobalah untuk bersepeda secara rutin minimal 4 kali seminggu agar proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat. bersepeda adalah salah satu olahraga yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan.
  • Sebelum bersepeda, perhatikan terlebih dahulu keselamatan alat transportasi anda dengan mengecek kondisinya mulai dari ban, cengkeraman rem sampai gear agar bersepeda menjadi kegiatan yang lebih aman dan menyenangkan.

Ternyata, meski terlihat mudah dan remeh, bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah biasakan untuk bersepeda secara teratur sekarang juga.

(Dari berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment